Skip to main content

cara mengganti backround foto

    Sebagian orang mungkin masih bingung dan belum tahu bagai mana sich caranya mengganti background photo.Nah...pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap agar mudah untuk dimengerti.Sebenarnya banyak cara untuk mengganti background photo/latar belakang photo.tapi pada tips berikut ini saya akan mengunakan cara yang sering saya gunakan sehari-hari dan saya rasa cukup mudah untuk dipahami.sebelum anda mencoba,ada beberapa hal yang harus anda miliki diantarany:

1. Sebuah program Adobe Photoshop.Pada tutorial kali ini saya menggunakan adobe photoshop cs5 namun dan bila anda menggunakan photoshop cs5 kebawah saya rasa tidak jauh berbeda caranya.
2. Satu buah photo yang akan dirubah backgroundnya
3. Satu buah gambar yang akan kita dijadikan sebagai background
4. Dan yang terakhir tentunya snack dan minumnya biar nanti gak laper en kehausan.hohooo......

langsung saja

 1. Jalankan photoshop dan buka photo yang ingin kita ubah backrounya.seperti pada gambar dibawah ini.pada gambar dibawah ini saya menggunakan gambar keponakan saya.

2. Kemudian kita buat seleksi pada bagian photo anak kecil tersebut.dalam tutorial kali ini saya menggunakan photo keponakan saya.dan anda bisa menggunakan photo anda sendiri sebagai bahan untuk bereksperimen.dan hasil seleksi akan tampak seperti gambar berikut:



 3. Selanjutnya kita buka menu edit kemudian pilih copy.untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah

4. Setelah itu kita buka lagi satu buah gambar yang nantinya akan kita jadikan sebagai pengganti background dari photo anak kecil diatas.disini saya menggunakan gambar sebuah kincir angin.


5. Langsung saja anda klik menu edit lalu klik paste.lihat gambar dibawah ini.


6. Pada tahap ini photo kita sudah hampir selesai.namun posisi atau ukuran photo kita masih belum sesuai dengan latar belakangnya.Nah..untuk menyesuaikannya kita gunakan movie tool.caranya,klik pada bagian sudut atau tepi pada photo tersebut.untuk lebih jelasnya lihat tanda centang berwarna hijau pada gambar dibawah ini. Atur dimana kira-kira posisi dan ukuran yang menurut anda paling cocok.Dan sebelumnya jangan lupa untuk mencentang kotak show transform control pada panel baris menu.

7. Selesai,....sekarang photo kita telah berganti dengan latar belakang yang berbeda

8. Sekarang kita tinggal menyimpanya.caranya seperti gambar dibawah ini. klik file lalu klik save as

 9. Lalu kita tentukan dimana kita akan menyimpanya dan jangan lupa memberikan nama yang berbeda agar tidak menimpa photo yang lain. setelah itu kita pilih dalam format apa kita akan menyimpanya.saran saya gunakan format JPEG agar bisa dikirim lewat HP atau bisa juga dalam format PSD jika nanti kita akan melakukan pengeditan ulang.


  Sebagai tambahan,untuk hasil yang maksimal dalam pengeditan diatas terletak pada hasil seleksi.untuk itu lakukan seleksi dengan rapi.jika pada tahapan nomor 7 masih terdapat bagian yang masih nampak kurang rapi karena penyeleksian yang tidak sempurna anda masih bisa merapikanya dengan erase tool.caranya aktifkan erase tool dan gosokan pada bagian yang menurut anda masih kurang rapi.

  Gimana sob..,mudah bukan..????
Saya rasa cukup sekian dan semoga bermanfaat.








Comments

  1. Bang Iwan, makasih tips and triknya yaa, bagus banget buat belajar. kalo bisa setting blognya diperlebar, jadi gambar ilustrasi di kolom tulisan lebih jelas. thanks again :)

    ReplyDelete
  2. Ok bos, nanti tak atur ulang

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara mengganti warna jilbab dan baju menggunakan adobe photoshop cs5

    S ebenarnya tehnik mengganti warna jilbab,baju dan lainya pada foto dapat dilakukan dengan mudah menggunakan Adobe photoshop baik itu Adobe photoshop CS sampai yang terakhir Adobe photoshop CS5 . Tentunya dengan menguasai tehnik ini akan membuat kita lebih muda dalam  menentukan warna pakaian yang paling cocok untuk kita sebelum membelinya di toko. Dan yang paling menyenangkan dari tehnik ini warna yang dihasilkan  akan terasa lebih segar dan tentunya tidak kaku.Nah...bila sobat tertarik ingin tahu bagaimana caranya, silahkan ikuti tutorial berikut... 1.  Pertama kita buka foto yang akan kita ubah jilbabnya.sebelumnya kita buat duplikatnya dulu agar foto kita tetap aman bila terjadi kesalahan dalam mengedit.Setelah itu kita buat seleksi pada bagian jilbabnya.Dalm hal menyeleksi terserah anda ingin menggunakan tool apa saja ,bisa menggunakan Lasso tool , Poligonal lasso tool ataupun Quicck selection tool , terserah anda mana yang menurut anda paling anda kuasai.lakukakan

Cara instal dan menjadikan adobe photoshop cs5 trial version menjadi full version

   Masih melanjutkan tentang tuturial cara instal  Adobe photoshop cs5 pada kesempatan kali ini aku akan melanjutkan kembali tutorial cara instal dan menjadikan software canggih Adobe photoshop cs5 yang trial version ini mnjadi full version selamanya. Mari ikuti tahap-tahapnya berikut ini:  Oea,  sebelumnya aku minta maaf karena pada tutorial kali ini aku menggunakan Adobe illustrator cs5 sebagai tutorialnya tapi santai saja sob karena cara instal untuk product Adobe cs5 family sama saja.yang berbeda cuma serialnya doank Silahkan simak caranya berikut ini: 1.  Pertama kita buka folder file Adobe photoshop kemudian klik Set-up untuk menginstalnya. setelah muncul tampilan seperti gambar berikut ini, pada pilihan bahasa kita pilih  English (international) kemudian klik Accept untuk melanjutkan.  2.  Akan muncul lagi gambar seperti dibawah ini..kita pilih Install this product as a trial. pada pilihan bahasa kita pilih lagi bahasa English international kemudian klik Next

Menyamakan warna antara dua gambar

    Masih melanjutkan tentang tutorial photoshop.kali ini saya akan membuat tutorial tentang Menyamakan warna antara dua gambar .Tehnik ini  tentunya sangat berguna bagi kita dalam mengkomposisikan warna gambar. Dengan menguasai  tehnik ini  kita dapat  menyamakan warna dengan objek yang berbeda secara otomatis.Oke sekarang kita coba untuk  mempraktekanya 1.  Pertama kita buka sebuah file gambar yang akan kita komposisikan warnanya 2.  Kemudian kita buka lagi gambar yang akan kita ambil sampel warnanya. kemudian  buat seleksi menggunakan lasso tool . setelah selesai kita kembali pada dokumen yang pertama. 3.  Pada dokumen pertama kita klik menu Image > Adjustment > Match color .      * Pada kotak source kita pilih sunset.jpg      * Kemudian kita atur nilai      * Luminance dengan nilai  = 80      * Fade menjadi                = 40 Setelah selesai klik Ok 4.  Langah terakhir kita klik menu Edit > Fade match color . Ganti mode blending mode m